You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pembangunan Baru Tanggul A NCICD Tunggu DED
.
photo Yopie Oscar - Beritajakarta.id

Pembangunan Baru Tanggul A NCICD Tunggu DED

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih menunggu Detail Enginering Design (DED) pembangunan tanggul A program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). Diharapkan, DED yang menjadi gambaran teknis pembangunan tanggul yang dikenal sebagai Giant Sea Wall, dapat rampung Desember mendatang.

Kami belum bisa bangun tanggul baru karena DED-nya belum ada

Pengerjaan DED dilaksanakan oleh pihak Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Setelah rampung, kelanjutan pembangunan tanggul sepanjang bibir pantai Jakarta sekitar 94 kilometer pada 2016 mendatang akan disesuaikan dengan DED.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Tuty Kusumawati mengatakan, belum selesainya DED bukan berarti pihak pemerintah tidak melakukan pembangunan. Saat ini, pihak terkait seperti pemerintah pusat, Pemprov DKI, swasta, BUMN dan BUMD melakukan pengerjaan yang bisa dilakukan.

13 Pemecah Ombak Dibangun di Pulau Pemukiman

"Kami belum bisa bangun tanggul baru karena DED-nya belum ada. Jadi saat ini yang kami kerjakan baru kuatkan tanggul eksisting Jalan Raya Lodan," kata Tuty, Senin (2/11).

Dikatakan Tuty, pembangunan tanggul A sepanjang sekitar 94 kilometer akan dibagi-bagi. Selain pemerintah pusat dan daerah, pembangunan juga akan dilakukan sektor swasta, BUMN dan BUMD  yang mengelola kawasan sepanjang bibir pantai. Nantinya, pembagian pembangunan juga akan mengacu dari DED yang tengah disiapkan.

"Desember ini jadi dan 2016 sudah bisa dipakai DED-nya. Kita masih koordinasikan bagian yg menjadi kewajiban masing-masing. Ketika membangun nanti ada pengawasan. Sekarang kan masih difinalkan," tandas Tuty.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1298 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1258 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1209 personTiyo Surya Sakti
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1093 personNurito
  5. Jakarta Raih Dua Medali Emas dari Cabor Drumband di PON XXI

    access_time16-09-2024 remove_red_eye832 personFolmer